FORUM ISLAM KULTURAL

Dasar Pemikiran

Tidak ada dua entitas di alam semesta ini yang memiliki kesamaan di dalam segala hal. Walaupun berangkat dari sumber yang sama dan dalil yang sama. Nilai akhir suatu pemahaman, pendapat dan argument yang menjadi dasar pijakan kebenarannya tidak dapat melepaskan diri dari sesuatu pemahaman yang paradikmatik.

Cara pandang manusia hampir seluruhnya berdasarkan paradikma yang membekas/melekat dalam alam sadar pikirannya, baik berupa paradikma yang didogmakan, pengalaman hidup, dan pergumolan pemikiran dengan lingkungan yang mengitarinya.

Secara filosofis Alam semesta adalah kumpulan dari sebuah jaring keanekaan. Keanekaragaman adalah hukum dari alam yang dinamis. Oleh karenanya dalam Islam perbedaan dan keanekaragaman di berikan tempat dan ruang secara terbuka serta posisi yang sangat terhormat, bahkan disebutnya sebagai Rahmat.

Menolak perbedaan dalam keanekaragaman tidak hanya bertentangan dengan nilai-nilai kemanusian, melainkan juga nyata-nyata mengesampingkan perintah Tuhan dan sejarah peradaban Islam itu sendiri.

Munculnya tokoh-tokoh Islam beserta karya-karya tulis mereka tidak lepas dari unsur perbedaan dan keanegaraman di maksud, masalahnya adalah sejauh mana perbedaan itu di organisir menjadi potensi yang dinamis yang pada akhirnya dapat tercipta suatu perkembangan peradaban ke-Islaman yang toleran dan membumi.

Islam membutuhkan penganutnya untuk berperan aktif mencari nilai-nilai agung dan luhur, karena nilai-nilai yang terangkai indah dalam firman-firman Tuhan yang telah di tertulis dalam Al-quran sangat luas, ada yang tersirat dan ada yang tersurat.

Saking luasnya, samudra yang begitu luas jika di jadikan tinta tidak cukup untuk di tirahkan.

Tujuan

Berpijak pada landasan dasar pemikiran di atas, pendirian Forum Islam Kultural (FIK) menjadi sangat penting dan memiliki makna strategis, karena begitu banyak kaum muda terdidik baik yang berpendidikan formal keagamaan seperti Pesantren-pesantren dan Perguruan Tinggi yang konsen pada gerakan pemikiran ke-Islaman, namun potensinya kurang tergali karena keterbatasan Instrumen untuk menampung mereka sekaligus mengorganiser mereka.

Forum Islam Kultural di harapkan dapat mewarnai wacana pemikiran perkembangan Islam Indonesia dan Dunia.

Kemudian peran lain yang hendak di ambil oleh Forum Islam Kultural adalah disamping melakukan kajian ke-Islaman secara intensif melalui diskusi-diskusi dan seminar, juga secara aktif akan ikut ambil bagian pada bentuk-bentuk pelatihan-pelatihan kekaryaan sebagai wujud pemberdayaan ummat dan peningkatan sumber daya manusia, seperti kursus-kursus reguler dari penguasaan bahasa asing, cara menulis efektif, kajian ekonomi Islam (ekonomi syariah) dan keahlian-keahlian tekhnis umum lainnya.

Forum Islam Kultural di design sebagai forum yang terbuka, independent, non profit dengan prakarsa sekaligus penggagas THE ISLAMIC FOUNDATION.

Partisipan

Forum Islam Kultural beranggotakan masyarakat, mahasiswa, peneliti dan aktifis keagamaan yang konsen terhadap gerakan pemikiran Islam dan kebudayaan, semangat pembaharu dalam upaya perbaikan kwalitas keummatan  (Kemanusian).

Forum Islam Kulktural sebagai wadah dan sarana serta moratorium penelitian-penelitian karya ilmiah mengenai keIslaman, kebudayaan dan keummatan.

Aturan-aturan dan kaidah keorganisasian tidak dalam bentuk formal model organisasi dengan segala atributnya, karena Forum Islam Kultural hanyalah sebuah Forum tempat bertemunya para pemikir-pemikir Islam yang inovatif, kreatif lewat diskusi, dialog interaktif, dan seminar-seminar.

Independensi

Forum Islam Kultural terbebas dari dogma-dogma, paham-paham dan Idiologi tertentu.

Sebagai gerakan pemikiran, Forum Islam Kultural bersifat Pluralis, Bebas dan Demokratis.

THE ISLAMIC FOUNDATION

The Islamic Foundation adalah sebuah Yayasan Sosial non Profit yang khusus membidangi gerakan sosial keagamaan,  keummatan dan kebudayaan mencakup di dalamnya mensponsori penelitian-penelitian Ilmiah.

The Islamic Foundation akan melakukan kerja sama dengan lembaga-lembaga Donor Dunia yang mensponsori bia siswa bagi mahasiswa/i pasca sarjana baik pada universitas-universitas  Europa, Amerika, dan Australia, dan Universitas-Universitas Asia.

The Islamic Foundation mensponsori pencetakan karya intelektual terutama anggota dan partisipan dan melakukan translasi karya-karaya Ilmiah (Buku-buku berkwalitas) berbahasa asing untuk di cetak pada Indonesian Version.

The Islamic Foundation  aktif melakukan penggalangan dan penyaluran dana-dana kemuanusiaan dan bencana alam.

BERGABUNGLAH BERSAMA KAMI, DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK MENJADI PARTISIPAN DALAM BLOG INI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: